Rabu, 18 Juni 2014

Trait Inti dalam Kepribadian


Assalamu'alaikum, wr, wb.

Pada tulisan ini saya akan membahas mengenai kepribadian. Setelah membaca tulisan ini, saya harap Anda dapat mengenali kepribadian Anda.

Trait adalah elemen dasar dari kepribadian yang berperan vital dalam usaha meramalkan tingkah laku. Hal ini tampak definisi kepribadin menurut Cattell. Menurutnya, kepribadian adalah struktur kompleks yang tersusun dalam berbagai kategori yang memungkinkan prediksi tingkah laku seseorang dalam situasi tertentu, mencakup seluruh tingkah laku baik yang konkrit atau yang abstrak.

Para ilmuwan mengemukakan bahwa trait-trait manusia dapat dikelompokkan menjadi lima, yang disebut dengan The Big Five, di antaranya:
  1.  Ekstroversi vs Introversi: menggambarkan apakah seseorang itu supel atau pemalu. Faktor ini mencakup trait seperti banyak bicara atau pendiam, suka bersosialisasi atau penyendiri, suka berpetualang atau waspada, ingin tampil di depan umum atau cenderung di belakang layar.
  2.  Neurotisisme (negatif secara emosional) vs Stabilitas emosi: menggambarkan tingkat kecemasan seseorang, ketidakmampuannya mengontrol dorongan, dan kecenderungannya merasakan emosi negatif seperti kemarahan, rasa bersalah, kebencian, dan penolakan. Individu yang neurotik sering merasa khawatir, sering mengeluh, dan pembangkang, bahkan saat mereka tidak memiliki masalah dalam hidup mereka. Mereka selalu melihat sisi pahit dari kehidupan dan tidak dapat merasakan sisi kehidupan yang menyenangkan.
  3. Agreeableness vs Antagonisme: memberikan gambaran apakah seseorang santai atau mudah merasa terganggu, kooperatif atau pembangkang, merasa aman atau curiga dan cemburu. Faktor ini merefleksikan kecenderungan kita untuk memiliki hubungan yang baik atau hubungan yang penuh ketegangan dengan rekan-rekan kita.
  4. Keteraturan (conscientiousness) vs Impulvisitas: menggambarkan apakah seseorang bertanggung jawab atau tidak dapat diandalkan, pantang menyerah atau mudah menyerah, tegas atau tidak dapat menentukan pendapat, rapi atau ceroboh, disiplin atau impulsif.
  5. Keterbukaan terhadap pengalaman (openness) vs Penolakan pada pengalaman baru: menggambarkan apakah seseorang dipenuhi rasa ingin tahu, imajinatif, selalu mempertanyakan segala hal, dan kreatif, atau selalu mengikuti orang lain, tidak imajinatif, mudah ditebak, dan tidak nyaman dengan sesuatu yang baru.

Sekarang, coba tes di bawah ini untuk mengetahui trait yang menggambarkan kepribadian Anda.

Untuk setiap item dari 10 item di bawah ini, tuliskan nomor dari 1 sampai 7 untuk menandai sejauh mana trait tersebut menggambarkan karakteristik dari diri Anda. Skor 1 berarti “saya sangat tidak setuju bahwa trait ini menggambarkan diri saya” dan 7 berarti “saya sangat  setuju bahwa trait ini menggambarkan diri saya”. Gunakan nilai tengah yaitu 4 jika Anda merasa ragu-ragu apakah trait tertentu menggambarkan diri Anda atau tidak. (Tes ini didesain oleh Samuel D. Gosling.)
  1. (  ) Ekstrovert, antusias
  2. (  ) Mudah melontarkan kritik, sering mendebat
  3. (  ) Dapat diandalkan, disiplin
  4. (  ) Cemas, mudah tersinggung
  5. (  ) Terbuka terhadap pengalaman baru, kompleks
  6. (  ) Tertutup, pendiam
  7. (  ) Mudah menaruh simpati terhadap orang lain, hangat
  8. (  ) Tidak teratur, ceroboh
  9. (  ) Tenang, stabil secara emosional
  10. (  ) Konvensional, tidak kreatif

Untuk mendapatkan skor Anda dalam The Big Five, gunakan kunci jawaban ini:
  1. Extroversion: tinggi pada pertanyaan 1, rendah di pertanyaan 6
  2. Neuroticism: tinggi pada pertanyaan 4, rendah di pertanyaan 9
  3. Agreeableness: tinggi pada pertanyaan 7, rendah di pertanyaan 2
  4. Conscientiousness: tinggi pada pertanyaan 3, rendah di pertanyaan 8
  5. Openness: tinggi pada pertanyaan 5, rendah di pertanyaan 10

Sumber: buku Psikologi Edisi ke-9 Jilid 2, Carole Wade & Carol Tavris


Tidak ada komentar:

Posting Komentar